Home » , » Bupati Sumenep Lantik 191 Kepala Desa Terpilih

Bupati Sumenep Lantik 191 Kepala Desa Terpilih

Written By Pusawi Adijaya on Thursday, June 13, 2013 | 6:39:00 PM

Bupati Sumenep saat melantik 191 Kades di Pendopo Sumenep, Kamis (13/06)
pusawi.blogspot.com - Pelantikan Kepala Desa di Kabupaten Sumenep yang sempat tertunda, hari ini Kamis (13/06) pagi, Bupati Sumenep, KH. A. Busyro Karim, M.Si melantik 191 Kepala Desa (Kades) terpilih tahap I program tahun 2013di Pendopo Agung setempat.

Bupati Sumenepi menjelaskan dalam pidatonya, dari 191 Kades yang dilantik saat ini, 61 persen adalah wajah baru dan 31 persen diantaranya dari kalangan perempuan.

“Kita wajib bersyukur, pada pesta demokrasi di tingkat Desa ini juga diikuti dari keterwakilan perempuan. Ternyata, di antaranya 191 Kades yang dilantik ini, 31 persen adalah perempuan,”kata Bupati Sumenep, Kamis (13/06).

Pesta demokrasi Pilkades serentak tahap I yang dilaksanakan di 26 Kecamatan bulan Mei 2013 kemarin, telah berjalan dengan sukses, tanpa halangan yang berarti.

“Kami atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Sumenep, menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak, baik Panitia Kabupaten, Panitia Pemilihan Desa, pihak keamanan serta seluruh lapisan masyarakat yang telah menyukseskan pesta demokrasi di 191 Desa di Sumenep. Kesuksesan tersebut, tentu saja berkat kekompakan dan kebersamaan semua pihak,”terangnya.

Menurut Bupati, jabatan Kepala Desa bukanlah jabatan tak terbatas. Meskipun Kades dipilih secara langsung oleh masyarakat, tapi bukan berarti kewenangannya tak terbatas. Sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 72 tahun 2005 tentang Desa, pasal 17 dan 18, bahwa Bupati memiliki kewenangan untuk memberhentikan Kepala Desa, apabila Kepala Desa tersebut secara hukum melanggar sumpah jabatannya.

“Hal ini juga sama dengan kedudukan Bupati sebagai Kepala Daerah. Jika sewaktu-waktu menyalahi sumpah jabatannya, dapat juga diberhentikan oleh Menteri Dalam Negeri. Hal ini perlu saya sampaikan, agar Bapak, Ibu melaksanakan tugas dan kewajibannya sebagai Kepala Desa dengan sebaik-baiknya,”ungkapnya.

Bupati juga mengungkapkan, bahwa ada 4 ciri pemimpin yang berkarakter, yakni memimpin dengan keunggulan, profesional, keteladanan dan keikhlasan.

“Untuk itu, kami menghimbau kepada para Kades, dalam jangka dekat ini, untuk segera mempersatukan kembali warga di Desa masing-masing, yang mungkin sempat terkotak-kotak, atau renggang tali silaturrahimnya, akibat Pilkades lalu. Kemudian sebagai pemimpin di Desa, Kades harus banyak belajar tentang Peraturan Perundang-undangan, dan secepatnya mengembalikan kembali fungsi Balai Desa, sebagai pusat pelayanan,”pungkasnya.(gus)
Share this post :
 
Support : super blog pedia | Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. PUSAWI - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger