Pages

Monday, May 6, 2013

Home » » Hasil Penghituangan Suara Sementara Pemilu Malaysia

Hasil Penghituangan Suara Sementara Pemilu Malaysia

Antrian Pemilih di TPS

pusawi.blogspot.com - Koalisi pemerintah Barisan Nasional sementara ini masih unggul atas koalisi oposisi Pakatan Rakyat (Minggu 5/5).

Koalisi yang dipimpin Perdana Menteri Petahana Najib Razak itu sementara ini sudah meraih 10 kursi, sedangkan koalisi oposisi Pakatan Rakyat belum mendapatkan suara.

Ada 222 kursi parlemen yang dipertandingkan 578 calon partai dan 79 dari independen. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Malaysia atau Suruhanjaya Pilihan Raya menutup proses pemungutan suara di 8245 TPS pada pukul 17.00 waktu setempat (16.00 WIB). Proses penghitungan dimulai pukul 18.00 WIB waktu setempat. SPR memulai proses pengumuman hasil sementara mulai pukul 20.00.

Sebelumnya, Ketua KPU Tan Sri Abdul Aziz mengecam partai-partai politik yang memberi keterangan-keterangan palsu. Tan Sri pun menegaskan agar tidak ada pihak-pihak agar berhenti mengeluarkan hasil pemilu selain berdasarkan hasil resmi KPU.

Hal itu dilontarkan Tan Sri karena pemimpin oposisi Anwar Ibrahim melalui akun twitternya mendeklarasikan kemenangan koalisi oposisi Pakatan Rakyat pada pukul 19.00 waktu setempat.

"SPR telah menerima laporan yang tdak bertanggung jwab dari partai-partai politik yang menyebarkan informasi tidak akurat yang mendeklarasikan mereka menang pemilu," kata Tan Sri dalam jumpa pers di Putrajaya, ibu kota Malaysia. "Ini akan membingungkan masyarakat."

Hingga berita ini ditulis, koalisi Barisan Nasional sudah unggul hingga 20 kursi atas Pakatan Rakyat.

Di Putrajaya, sekretaris Jenderal partai pemimpin BN--UMNO--Tengku Adnan Tengku Mansor (BN) mengalahkan kandidat dari partai koalisi PR, Partai ISlami Malaysia (PAS) Husam Musa.

Sementara itu putri dari Anwar Ibrahim, Nurul Izzah diperkirakan akan mempertahankan kursi parlemen yang diraihnya pada 2008 lalu dari kawasan Lembah Pantai, Kuala Lumpur.

Adapun Pakatan Rakyat kembali memenangkan pemerintah negara bagian Penang karena meraih kursi mayoritas.(ln)

Redaktur : Galuh
Share this article :